Senin, 24 Agustus 2015

Ho..ho..ho..
HORAS Kawan!
Hello guys, whats up?
Back again with me Andi Napitupulu with English For Fun :)
Nah saya sekarang mengambil topik tentang Tips Berbicara Dengan Bule (Native Speaker).
Disini ya guys, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja.
Kebanyakan kita orang Indonesia udah banyak tahu ni tentang vocabularies, Tenses, etc. Tapi waktu udah turun lapangan kebanyakan takut untuk praktikin bahasa inggris yang dia punya. Merasa ga lo guys?
Take it easy guys :)
Disini saya punya tips yang berguna buat lo lo semua.
Udah ga sabar ya?
Okay, Check this out ya guys ;)

1. Mental
Kenapa yang pertama mental? ya, kalau tidak ada mental untuk ngomong, semuanya akan buyar. Kalau masih takut, ambil napas yang dalam dan ingat tujuan guys bahwa kalian ingin melatih bahasa Inggrisnya kamu, jadi yakin dan percaya semuanya kan baik2 saja dan OK.

2. Greeting/ Sapa dulu guys.
Terkadang buat cari perhatian buat mereka itu susah guys, blom lagi ngadapin bule yang sombongnya ga karuan. Ooopps.. tapi jangan khawatir guys dangan kita membuat greeting/sapaan kpd mereka, mereka pasti senang lihat kita. Misalnya : Hello, Good morning Sir. Atau dengan greeting daerah juga bisa seperti di suku batak lo bisa bilang HORAS! Karena mereka itu kan guys sebelum mereka travelling, mereka sudah pelajarin dulu bagaimana suku, bahasa, dan lokasinya via buku atau internet.

3. Introducing yourself/ Perkenalkan diri lo guys.
Guys.. untuk memberikan rasa nyaman terhadap teman ngobrol kita, mau ga mau lo harus kenalin siapa nama lo dan apa tujuan lo untuk ngobrol dengan dia. Misalnya : Hello Sir, My name is Andi Napitupulu. Here I'm practicing my English. Nah.. setelah lo kenalin ma dia dan ada respond, sekarang giliran lo yang nanya dia. Misalnya: And what is your name Sir?

4. Beginning conversation/Percakapan permulaan
Disini ya guys, lo bisa nyari info tentang turis itu. Misalnya :
·         “How long will you stay in Indonesia? (Berapa lama anda akan tinggal di Indonesia?”
·         “With whom did you come here? (Dengan siapa anda datang kesini?)”
·         “Where do you stay here? (Dimana anda tinggal disini?), etc .

5. Basa Basi
Guys, Basa Basi disini bukanlah Basa Basi Sembarangan atau yang mereka sebut denga Bulshit. Basa Basi disini ya guys agar mereka itu tidak bosan. Apalagi kalo ngadapin turis yang juteknya minta ampun. Nih saya kasi pertanyaan yang bisa lo tanya ke dia.
 -Where do you come from?
-What is your Favorite foods/drinks?
-What do you think about Indonesia?
oh ya ada yang paling penting yang harus lo ingat. Jangan pernah bertanya tentang siapa pacaranya, istrinya, umurnya dan agamanya karena hal-hal tersebut ialah bersifat privasi/pribadi. Ok !

6. Minta E-mail/Facebook/Twitter 
Jangan lupa guys minta E-mail atau jejaring sosial yang mereka punya. Tujuannya agar lo tetap closed dengan mereka dan bisa ngelanjutin ngobrol lo tanpa batas jarak dan waktu lagi guys.

7. Pendapat tentang Bahasa Inggris
Setelah lo ngobrol banyak dengan dia, lo bisa tanya ke dia tentang bahasa Inggris lo. Biasanya bule-bule selalu jawab “I think your English is not bad” ato “Your English is very good” . kalo tuh bule sampe bilang “Your English is very very BAD ! L” berarti lo harus belajar lagi yee :P

8. Suggestion untuk buat bahasa Inggris mu tambah OK
Disini lo bisa tanya ke dia tentang Bahasa Inggris lo. Misalnya “Give me your opinion to make my English better than before, please” . Biasanya bule cuma nyuruh lo belajar lagi dan memperbaiki vocabulary+tenses lo . so, jangan khawatir diceramahi tuh bule . Tujuannya untuk koreksi diri sendiri aja guys.

9. Ajak Foto
Ni salah satunya biar kenangan lo bisa diingat terus. Lo bisa minta foto ke dia. Misalnya : "Can I take picture with you Sir?” Biasanya turis yang ramah itu, langsung mau diajakin foto. Oh ya, kalu bulenya ga mau fotoan, jangan dipaksa ya guys dan jangan mau kalo bule minta bayaran kalau fotoan. Hadeuh…. Serasa artis -_-.

10. Closing
Disini maksudnya bukan menutup perckapan lo dengan kain atau ember tp menutup percakapan lo dengan meminta maaf. Misalnya : “I want to say thanks so much for your time. I apologize if I have mistake. Byee byee. See you next time J” ato biar lebih singkatnya “Okey, thank you. Byee Byee. See you next time” Dan jangan lupa berikan senyuman yang paling manis buat dia biar ada yang diingat gitu guys.

Okay guys, Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktekan ya.
HORAS!!!


2 komentar :

  1. Wuiiih.. keren nih tips tips nya... Izin share ke anak2 murid gunar yak. :)

    BalasHapus
  2. gue sih sering tapi dtolak mintaa ignya... aplagi bule cw.. 😥

    BalasHapus